Cara Membuat Loyalitas (Kesetiaan) Karyawan Meningkat

 





Karyawan adalah salah satu aset yang berharga. Akan tetapi, karyawan tidak semua loyal (setia) kepada perusahaan itu, karena bisa saja ia mengundurkan diri dengan sebuah alasan tertentu. Pertanyaannya Bagaimana supaya mereka loyal terhadap perusahaan dan sehingga tidak mengganggu kinerja perusahaan tersebut? Ini merupakan kisah dari saya sendiri. Jika Anda pemilik dari perusahaan tersebut, maka cara ini dapat membantu meningkatkan loyalitas karyawan Anda.

Berikanlah hak-hak dengan baik kepada karyawan Anda
Seorang Karyawan dipilih atau direkrut untuk bekerja. Tetapi kewajibannya tersebut harus seimbang dengan hak mereka antara lain:
Gaji
Fasilitas kerja  
Tunjangan kesehatan
Keamanan  
Pelatihan
Kesejahteraan keluarga
Jaminan sosial tenaga kerja
Tunjangan hari raya
Fee / Bonus (bila diperlukan)

Hak-hak tesebut tentunya harus diberikan kepada karyawan secara professional agar mereka tidak niat untuk pindah kerja. Jika hak mereka sudah diberikan, maka karyawan akan fokus pada kewajibannya saja tanpa memikirkan hal-hal lain yang mengganggu. Dengan kata lain, mereka bisa bekerja dengan tenang dan memberikan kontribusi yang terbaik bagi kemajuan perusahaan Anda.
Bagaimana jika hak karyawan tidak diberikan secara baik atau menunda nunda? Anda jangan sekali-kali mengharapkan kinerja baik dari mereka, karena akan terdemotivasi atau dengan kata lain menuntut hak-haknya. Bukan juga tidak mungkin, mereka akan mengadukan Anda dan perusahaan Anda ke pihak berwenang atau pihak berwajib, sehingga menjatuhkan nama baik anda dan perusahaan anda.

Terapkan penilaian kinerja yang efektif
Cara lain dalam meningkatkan loyalitas karyawan adalah dengan menerapkan penilaian kinerja yang dirasa efektif. Penilaian semacam ini dilakukan atau dilaksanakan dengan fair serta objektif. Fair yang berarti Anda menilainya berdasarkan standar yang telah disepakati bersama, sedangkan objektif berarti menilainya berdasarkan pencapaian kinerja (Progress Kinerja), bukan berdasarkan dari rasa suka atau tidak suka, karyawan lama atau karyawan baru, karyawan tua atau karyawan muda, laki-laki atu perempuan.
Jika kinerja dari mereka dinilai efektif, maka karyawan akan senang karena jerih payah atau kerja keras mereka dihargai dengan baik. Dengan demikian mereka secara umumnya betah dan loyal bekerja di perusahaan anda tersebut.

Terapkan juga jenjang karier yang jelas
Selain hak dari karyawan dan penilaian kinerja efektif, menerapkan jenjang karier yang itu jelas dapat pula meningkatkan kesetiaan pada karyawan perusahaan anda. Jenjang karier yang jelas semcam ini akan jauh meningkatkan motivasi karyawan untuk bekerja dengan baik supaya dia bisa meraih puncak dari kariernya.
Kejelasan jenjang karier umumnya berkaitan dengan sebagai berikut:
Perilaku karyawan
Waktu kerja
Kompetensi suatu posisi
Kinerja karyawan

Promosikan karyawan Anda
Mempromosikan karyawan Anda merupakan cara lain dalam hal meningkatkan kesetiaan karyawan pada perusahaan. Cara ini lumrah diterapkan pada karyawan spesial yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan kata lain, perusahaan takut kehilangan karyawan tersebut, dikarenakan jika karyawan itu keluar maka akan mengganggu atau terhambatnya kinerja perusahaan.
Promosi ini diharapkan untu membuat karyawan bersangkutan merasa lebih tertantang dengan jabatan barunya sehingga tidak segan-segan mengeluarkan kemampuan terbaiknya, tanpa memikirkan untuk berpaling atau pindah ke perusahaan lain. Selain itu, promosi ini juga memberikan nilai tambahan finansial bagi karyawan bersangkutan.

Memberi kebebasan Berkreativitas
Memberi kebebasan Berkreativitas pada karyawan dalam bekerja merupakan tips lain yang dapat Anda lakukan dalam meningkatkan kesetiaan karyawan. Yang dimaksud kreativitas disini adalah suatu hal-hal baik di luar standar kerjanya terhadap yang sudah ditetapkan.
Sebagai contoh, seorang karyawan mengusulkan cara alternatif yang dapat meningkatkan produksi tanpa peningkatan biaya.




Usulan-usulan kreatif dari karyawan hendaknya Anda maknai sebagai kreativitas mereka, tanpa harus memangkasnya karena itu di luar standar kerjanya terhadap yang sudah ditetapkan. Bagi karyawan tersebut, pembebasan kreativitas semacam ini akan memacu mereka bekerja lebih baik karena tidak merasa jenuh dalam rutinitas yang monoton pada kerjanya.

Memberikan bonus
Cara terakhir untuk meningkatkan sebuah loyalitas karyawan adalah dengan memberikan bonus. Ini bisa bermacam macam : berupa bonus kinerja (performance bonus), bonus akhir tahun (year-end bonus), atau bonus pembagian keuntungan (profit-sharing bonus). Pemberian bonus ini menunjukkan bahwa perusahaan Anda profesional karena memberikan hal lain di luar hak karyawan walaupun di hak karyawan saya tulis (bila diperlukan), ini bermakna berbeda dengan bonus disini. Oleh karena itu, diharapkan karyawan akan lebih betah bekerja sehingga loyal kepada perusahaan Anda.

Kesimpulannya, loyalitas karyawan tidak bisa dipastikan dengan standar standar tertentu. Meskipun demikian, tidak ada salahnya bila Anda menerapkan satu atau beberapa tips di atas


Komentar

  1. kenapa juga karyawan saya keluar tanpa alasan yang jelas padahal ia paling saya handalkan?.......

    BalasHapus
  2. Hello, I am interested in this article

    BalasHapus
  3. I just couldn’t go away your web site before suggesting that I really enjoyed the usual information an individual provide on your visitors? Is gonna be again continuously in order to check up on new posts

    BalasHapus
  4. Mantap artikelnya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Mutual Check Seratus ( MC 100% )

Cara Membuat Mutual Check Nol ( MC 0% )

Retak Yang Terjadi Pada Perkerasan Aspal